27 Februari 2011

Tentang Memori

19.02.11

Kamu tau? Akhirnya saya bisa bermesraan kembali dgn netbook kesayangan hehe…setelah entah kenapa dia sempat sakit dan akhirnya harus di rawat oleh yg lebih ahli, kini saya bisa menyentuh kembali keyboard kecil yg amat sangat saya cintai ini. Banyak tulisan yg mesti dibuang walaupun sebenernya mau saya menyimpannya, tp demi kedamaian bersama, terpaksa saya harus merelakan berkilobite2 tulisan2 lama saya, sedih sih…soalnya itu pensive saya-saya adalah pensive mania- dgn pensive ala saya sendiri itu saya tetap bisa menyimpan memori2 saya yg bagi banyak orang mungkin nggak penting, tp saya senang menyimpannya.

Memori, ngomong2 soal memori..ada banyak memori memenuhi otak saya, rasanya penuh diatas sana-andainya saya bisa menggunakan harddisk eksternal untuk kumpulan memori saya itu ke dalam otak- meskipun hampir overload nyatanya saya memang blm mau membuang memori yg tercecer serabutan seperti remah2 roti dalam pikiran saya tsb. Semuanya punya ceritanya, semua punya maknanya. Masing2 beda porsi, punya tempatnya sendiri2.

Banyak cerita yg hanya bisa saya simpan kedalam kumpulan memori, saya jejalkan begitu saja, membuangnya sayang. Pengennya sih saya abadikan dalam tulisan2 remeh saya biar sewaktu2 klo saya udh tua dan pikun lalu ingin bernostalgila, toh saya tinggal membacanya kembali. Tapi dengan alasan –sok-sibuk, malas, nggak sempat, nggak mood, banyak cerita yg menguap begitu saja dan ahirnya terlupakan. Untung netbook saya skarang udh membaik, jangan ngambek lg ya sayang….kasian cerita2 itu kalau mesti menguap dan terlupakan sebelum sempat kita abadikan.

Siang tadi, saya bangun dengan perut nyeri-biasalah siklus bulanan-. Ya, siang krn matahari udh panas, dan waktu menunjukkan hampir pukul 11am. Semalam saya susah tidur, kalo nggak salah, jam 2pm saya br bisa benar2 terlelap. PMS memang hebat, saya tadinya nggak mau mengakui betapa dia bisa mengambil alih dan memporakporandakan mood, semangat, energy positif yg saya punya. Tp dia memang hebat, dia bisa bikin hormon saya jungkir balik, bikin galau, emosional, semua jd serba ga jelas, dan saya jd perempuan yg paling menyebalkan di dunia-pacar saya bilang begitu-….nggak lama kemudian pacar saya mengirimi pesan singkat ke ponsel, biasa lah dia nggak pernah lupa ngecek apa saya udh bangun, lg apa, jgn lupa makan, minum air putih, hehe…saya senang diperhatikan, walopun dia bukan laki-laki romatis, tp dia perhatian.

Acara tv jam segitu isinya gossip semua, sebenernya saya nggak gt suka, saya cm suka mengamati, seperti yg pernah saya bilang, saya ini pengamat. Sebuah chanel stasiun tv swasta sedang memutarkan film tv, sepertinya udh di tengah2 jalan cerita krn acara yg lain nggak ada yg menarik-saya malas liat infotainment yg menyuguhkan kim kurniawan, irfan bachdim, Jennifer kurniawan…bukan gimana2, pemberitaannya lebay, kosong- ahirnya dgn malas2an saya tonton jg film tvnya --lumayan lah, rio dewanto keren, cowok banget—bla..bla..bla….. sampai lah adegan pada satu dialog dimana si cewek ngambek, dan si cowok bilang gini ke si cewek “Oke, aku tau..dr awal kalo kita tu nggak pernah cocok, nggak bisa akur, kalo ketemu pasti ribut, beda pendapat terus. Tapi, apa kamu nggak bisa lihat klo akhir2 ini kita sama2 saling suka?”, dan si tokoh cewek cuma bisa diam, tergugu—kemudian tersipu2 malu.

Automatically! Memori menarik saya ke beberapa bulan sebelum ini, akhir April tahun lalu, 2010. Waktu dimana saya dan pacar pertama kali ketemu. Bukan pertemuan yg mengesankan, dan nggak dramatis seperti di film2 romantis, no way! Dia bukan pria manis yg pesonanya legit seperti coklat, bukan! Dia adalah sosok laki-laki yg nggak akan saya taksir walaupun laki-laki di dunia ini cuma ada yg jenis dia! Hahaha…. Saat itu saya bareng seorang teman-teman sepupu saya sebenernya- yg lg galau sebut saja krn baru aja kandas jalinan cintanya.galau terombang-ambing, butuh hiburan, dan dia berhasil maksa saya buat nemenin dia ketemuan sama teman2 dia. Komunitas pencinta dunia gemerlap, duh…nggak saya banget, saya rame orangnya, tp klo di tempat yg saya nyaman. Alhasil saya disana diem aja, udh mah tampang saya dr lahir udh jutek, ditambah perasaan nggak nyaman, makin jd deh…pasti waktu itu tampang saya nggak bgt hahaha…

Saya dikenalin ke mereka, tp sama dia –karena duduknya paling jauh- saya cm say hi dr tempat saya berdiri saja, saya bukan termasuk perempuan yg percaya diri tinggi, makanya saya nggak lantas menghampiri dia dan menjabat erat tangan dia, buka sombong…saya malu aja klo mesti attractive sm org baru. Lalu mengobrol basa basi, bukan obrolan tepatnya dialog Tanya jawab yg membosankan –kayak interview untuk dapet kerjaan aja mesti Tanya jawab—wajar sih, dialog Tanya jawab ini berlangsung diantara 2 pribadi yg baru kenal dan coba untuk saling mengenal, untung saya udh biasa memerankan adegan ini, saya udh apal luar kepala apa yg bakal ditanyain dan apa yg harus saya bilang ke penanya sebagai bentuk jawaban dr saya. Jadi, betapapun bosannya saya, saya bisa menutupinya dgn sempurna, senyum, dan dengan pandangan mata berbinar menggambarkan antusiasme –seperti gadis kecil yg ditawari es krim- ah…basi.

Dan disanalah dia, bertingkah attractive –iya!dia yg attractive, kayaknya udh biasa begitu deh haha- lalu seorang temannya mengenalkan saya ke dia, lagi. Lebih personal. Berjabat tanganlah saya dan dia, akhirnya…tp saya bahkan nggak meratiin ketika dia sebut namanya –ini jeleknya orang Indonesia, klo kenalan nggak pernah inget nama si org lain itu- ngobrol jg sekenanya. Adegan kami menjadi berdua ketika ponsel saya berdering, si nio –sepupu saya yg lain- yg br pulang nggak bisa masuk rumah krn kunci rumah saya yg bawa. Dia nawarin diri utnuk bantu saya, dia bilang mau anter saya pulang ke rumah nganter kunci. Saya nggak mau, krn dr tadi ngobrol sama dia nyatanya bukan lah obrolan biasa, saya lebih merasa obrolannya memancing emosi saya, bikin sebal, nggak bermutu! Jujur aja, saya nganggep dia aneh..gimana nggak aneh, baru kenal sok2 ngeledekkin saya, emang dia kenal saya ? dia nggak tau kan siapa saya, gimana saya ? intinya saya nggak suka sm teman baru saya ini, aneh. Becandaannya nggak lucu. Walaupun belakangan yg saya dengar dia bertingkah begitu semata-mata untuk menarik perhatian saya, tetep aja –awalnya saya nggak respek-.

Singkatnya, disanalah saya, diatas motor pinjaman duduk manis di belakang dia, saya genggam secuil bagian dr kemeja batiknya –saya nggak biasa dibonceng tp nggak pegangan sama sekali, takut jatuh—dia ngomel pendek “jgn bikin kemeja saya kusut ya! Ini seragam kerja saya tau!” hiiiiiih……dasar aneh. Ya udah, tangan kiri saya pegang sisi jok motor, tangan kanan saya pegang helm kegedean yg jg dapet pinjam. Dia komentar –menyebalkan- lagi “nggak pernah make helm ya ? nggak usah dipegangin terus jg nggak bakalan ilang kok helmnya, gausah udik deh”
ya Tuhan, ada ya laki-laki cerewet kayak dia. Sabar cha..sabar, saya cm berusaha menenangkan diri sendiri. Sampe rumah, kunci berpindah tangan, saya tergoda untuk nggak balik lagi ke studio tempat saya meninggalkan teman sepupu saya –avi- disana, ngapain saya disana toh riska udh ketemu teman2nya, lagian saya males mesti berurusan lg sama makhluk judes yg saat itu lg nungguin urusan saya selesai dan bersiap “mengangkut” saya kembali. Tapi nggak ah…saya nggak mau kayak perempuan nggak punya etika. Akhirnya saya ikut dia balik lg ke studio dan hujan!

Kehujanan di jalan bikin dia bawa motornya kayak lg balap liar, saya takut. “kenapa nggak neduh aja ?” dia bilang, nanggung. Setengah basah ahirnya kami sampe, disambut dengan ciee…cieee –nggak banget, saya nggak suka di cie2-. Aduuuh…saya bosan di tempat itu, avi lama banget nggak dateng2, riska asik haha hihi sama mereka, saya mau ikutan haha hihi, saya nggak ngerti obrolannya, nggak nyambung. Utnung ada beberapa teman yg malam itu masih bersedia meladeni omelan panjang pendek saya soal Angga di hp. Saya sibuk smsan. Diem, cemberut, nggak interes sama lingkungan sekitar, terserah deh yam au dinilai gimana2, saya udh keburu bête sama si orang aneh itu.

Akhirnya, avi datang jemput saya bareng pacarnya-sekarang mantan-. Ini artinya saya udh bisa ninggalin kondisi yg bikin saya nggak nyaman itu. Basa basi, pamitan..dan saya pulang –nggak bener2 pulang sih, karokean dulu ceritanya kan menghibur riska dan treat one of avi’s friend at work. Tapi saya senang, nggak usah ngeliat dia lg hehe. Dalam perjalanan pulang, riska cerita kea vi soal saya yg jutek dan keki krn dibecandain melulu sama si Angga, mereka cie2. Sumpah! Saya nggak ngerti!!!

Besoknya, avi bilang “si Angga td sms aku nyariin kamu haha, aku kasih nomer hp kamu aja, abisnya aku lg riweuh lagian biar dia berhubungan langsung sama yg bersangkutan”. Hah! See!...dasar aneh, jd kemarin itu ceritanya cari perhatian, bukannya bikin saya penasaran malah bikin saya mual. Sorenya dia sms saya, ngajakin jalan2 kapan2. Saya jawab sekenanya, saya bilang nggak bisa soalnya liburan saya di jogja udh mau berakhir, saya udh mau pulang. Dia bilang jgn dulu pulang, kan belum jalan2 sama saya, ujar dia waktu itu. Hahaha…..dalam hati saya bilang “nggak tertarik jalan2 sama kamu”. Big No..NO!

Tapi, mulai dari dia punya nomer ponsel saya, tiada waktu terlewat tanpa dia mengirimi saya pesan singkat –pernah loh saya smsan 24 jam sama dia, rekor! Saya nggak suka smsan tadinya, sy lebih suka tlp klo memang ada perlu-, dan anehnya saya meladeninya, kurang kerjaan aja –dulu itu yg saya rasain- drpd nggak ada kerjaan, lumayan lg ada yg usaha hehe, jumawa…tp seperti yg pernah saya bilang ke seorang teman, buat sebagian besar perempuan, perasaan itu bisa dibina, yg penting si laki2nya itu intens pdkt-nya. Dan saya pun mengalaminya sendiri. Nggak terasa, cerita diatas kayak baru kemarin saya alami, padahal itu sudah 9 bulan yg lalu dan masih saja lekat di ingatan. Nggak pernah ada yg pdkt ke saya sebelumnya dengan cara dia itu. Aneh. Klo diinget2 bikin saya ketawa sendiri, bedanya klo dia nggak suka klo saya singgung2 soal tingkah dia dulu..dasar laki2 gengsi tinggi.

Sekarang sih, kami berdua sama2 berusaha dan berdoa, selebihnya biar Tuhan yg mengatur, DIA yg lebih punya kuasa. Yg pasti walaupun seperti yg saya bilang sebelumnya, saya nggak akan naksir laki2 kayak dia, buktinya Tuhan yg paling tau, laki2 seperti apa yg saya butuhkan. Banyak cerita tentang dia dan saya yg mesti menguap dan terlupa tanpa sempat disimpan dalam memori di netbook saya. Biarlah ingatan2 dan cerita2 itu berjejalan, berebut tempat di otak saya, berbaur dan menyatu bersama remah cerita yg lain. Toh saya nggak akan pernah lupa soal kami ^_^

1 komentar: